oleh

China akan Luncurkan Uang Digital Sebelum Libra

LENTERA TEKNO — Tinggal tunggu waktu saja. Mata uang digital Bank Sentral China akan diperkenalkan. Penggodokan mata uang digital ini terus dilakukan. Nantinya, mata uang tersebut akan dikendalikan oleh bank sentral.

Informasi yang dilansir Chinadaily.com, menyebutkan bahwa berbagai pendekatan sedang diuji untuk peluncuran mata uang tersebut yang pertama di China. Menurut Wakil Direktur Departemen Pembayaran Bank Sentral, Mu Changchun, People’s Bank of China (PBOC) hampir siap untuk meluncurkan mata uang digitalnya setelah lima tahun penelitian.

Prediksinya, mata uang ini akan diluncurkan lebih cepat dari Libra besutan Facebook bila semuanya berjalan dengan baik. Libra juga menjadi salah satu yang menstimulus bank sentral mempertimbangkan model dari mata uang digitalnya tersebut. Oleh karena itu, pengujian masih terus dilakukan sebelum mata uang tersebut benar-benar diluncurkan ke publik.

Dikutip dari Chinadaily.com, Ketua China UnionPay yang juga mantan pejabat PBOC, Shao Fujun mengatakan, potensi bentuk dan rencana uang digital tersebut beragam. Adapun fokusnya sekarang adalah pelibatan nonpemerintah dan lintas batas penggunaan mata uang digital tersebut. Termasuk melibatkan perusahaan swasta maupun perusahaan milik negara.

Sumber: Republika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News